Dokumentasi

Tetap melayani meski tak terlindungi

Sukarelawan PMI yang tengah bertugas di lokasi bencana erupsi Gunung Sinabung Sumatera Utara 2013

Relawan (Sukarelawan) Palang Merah Indonesia (PMI) adalah aset besar organisasi yang selama ini telah membuktikan diri selaku pegiat di berbagai lapangan kemanusiaan baik di saat tanpa atau ketika terjadi konflik bersenjata.

Di saat tanpa konflik bersenjata (aman/ damai), banyak peran yang bisa dan telah dilakukan. Diseminasi (penyebarluasan gagasan, informasi dan kegiatan) kepalangmerahan adalah upaya mengenalkan, mendekatkan diri serta memberi bantuan kepada masyarakat sebagai lahan pengabdian utamanya.

Kegiatan dilaksanakan dalam beragam cara, tindakan dan ruang lingkup. Inti sari kegiatan diseminasi adalah membangun dan menguatkan citra organisasi PMI selaku Perhimpunan Nasional yang mendapat tugas membantu Pemerintah Republik Indonesia sesuai Penetapan Presiden No. 25 Tahun 1950 dan UU No. 59 Tahun 1958.

Perkembangan politik praktis di masa reformasi membawa dampak negatif bagi keberadaan payung hukum organisasi PMI dengan ditolaknya RUU Lambang dan tertundanya RUU Kepalangmerahan. Atas upaya penolakan RUU Lambang yang digagas oleh Pemerintah RI dan dibahas sejak tahun 2004 pada paruh kedua tahun 2012, muncul inisiatif dr. Seno Suharyo (Surabaya) dan Toto Karyanto (Kebumen), sukarelawan PMI dari berbagai penjuru tanah air berupaya mengumpulkan tanda tangan dukungan agar RUU Lambang tetap dibahas dan segera disahkan oleh DPR RI sejak pertengahan Juli 2012. Meski berakhir gagal, usaha ini sedikit banyak mempengaruhi inisiatif DPR RI mengajukan RUU Kepalangmerahan yang sampai saat ini belum juga disahkan.

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s