Masih Adakah Nurani Kebangsaan dan Kemanusiaan Di Dalamnya ?

Setelah menghamburkan uang rakyat miliaran rupiah, akankah #RUUKepalangmerahan akan bernasib sama dengan pendulunya, RUU Lambang ? Belajar dari pengalaman pahit pada saat berupaya mempertahankan keberlangsungan proses politik pada pembahasan RUU Lambang, semakin banyak sukarelawan PMI di seluruh Indonesia bersiap pasang badan sebagaimana dilakukan ketika bertugas di wilayah bencana dan konflik bersenjata untuk segera memiliki dasar hukum bagi organisasi Palang Merah Indonesia yang telah berkarya bakti bagi negeri Indonesia tercinta sejak sebelum masa kemerdekaan sampai sekarang.

karyabaktiuntuknegeri

Berita terbaru tentang kemungkinan “hangus”-nya RUUKepalangmerahan” tak lagi mengejutkan karena memang telah diprediksi dengan ketiadaan niat baik dan tanggung jawab kepada publik (khususnya para petugas PMI yang menjadi bagian dari upaya memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia) dari Ketua Pansus, Anshory Siregar. Semua orang tahu bahwa partai politik yang diikutinya, PKS, telah ditolak bergabung dalam pemerintahan Jokowi dan JK. Sebagai upaya melawan lupa, anggota Pansus #RUUKepalangmerahan pernah melakukan kunjungan ke dua negeri yang konon sebagai bahan studi banding.

#RUUKepalangmerahan adalah pengganti RUU Lambang inisiatif Pemerintah RI yang bersumber dari hasil kajian Hukum Humaniter Internasional Fakultas Hukum Universitas Trisakti Jakarta sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi kepada almarhum Elang Surya Lesmana yang menjadi korban “Tragedi Trisakti” 13 Mei 1998. Saat ia jadi korban penembakan oleh banyak saksi mata berasal dari sebuah helikopter yang berputar-putar di sekilat kampus tersebut. Ia adalah mahasiswa dan anggota sukarelawan PMI (Korps Suka Rela Unit) universitas yang tengah…

View original post 398 more words

About totokaryanto

Saya dari Kebumen Jawa Tengah. Hanya orang biasa yang memiliki banyak kebiasaan. Suka kerajinan anyaman, jadi Relawan PMI, generasi muda Tentara pelajar dan belajar jadi guru buat diri sendiri.
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s