Selingan: Cerita di Balik Kisah – Bagian I

Semoga kumpulan kisah nyata yang ringan, lucu dan mungkin juga konyol ini dapat menjadi bahan pembelajaran bersama betapa pemahaman atas tata nilai (core vualues) atau prinsip dasar dalam organisasi kemanusiaan Palang Merah Indonesia (PMI) tidak hanya sekadar pengetahuan atau hafalan semata. Tapi sangat perlu dipahami maknanya agar menjadi sangat jelas bahwa Perhimpunan Nasional yang ada di Indonesia dan diakui keberadaannya sebagai bagian dari Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah itu memang hanya PMI. Kekeliruan memahami, sekecil apapun, akan berdampak sangat luar biasa bagi masa depan organisasi yang para anggotanya adalah bagian penting dalam perjuangan Bangsa Indonesia memperjuangkan hak hidupnya sebagai bangsa merdeka dan berdaulat.

karyabaktiuntuknegeri

Foto: googling.

Kegiatan Karya Bakti untuk Negeri (KBN) 2014 di Kabupaten Kebumen dari 11 sampai 17 Agustus 2014 mungkin satu di antara beberapa hal langka di dalam berbagai kegiatan berisi karya dan bakti untuk negeri Indonesia yang dilakukan oleh para sukarelawan PMI di seluruh penjuru tanah air. Disebut langka karena kegiatan berskala nasional ini digagas dan dilaksanakan secara mandiri dari dan oleh sukarelawan untuk organisasi. Biasanya, kegiatan dengan skala ini merupakan bagian dari program kerja pengurus pusat seperti Temu Karya Nasional dan lain-lain. Sehingga muncul berbagai kejadian lucu dan konyol sepanjang perjalanan menyiapkan maupun melaksanakannya.

Jika kita menyimak dari berbagai informasi awal dengan saksama, terutama di grup Facebook Kampoeng Relawan, gagasan KBN 2014 adalah mewujudkan rencana Rembug Relawan (RR) yang dilaksanakan di Markas PMI Kabupaten Bantul, 24 – 26 Mei 2013. Di akhir sesi  RR yang kemudian dinamai RR I itu muncul kesepakatan bahwa RR II akan dilaksanakan di Pulau…

View original post 381 more words

About totokaryanto

Saya dari Kebumen Jawa Tengah. Hanya orang biasa yang memiliki banyak kebiasaan. Suka kerajinan anyaman, jadi Relawan PMI, generasi muda Tentara pelajar dan belajar jadi guru buat diri sendiri.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s