LOMBA KREATIVITAS BAGI SUKARELAWAN PMI – LENGKAP

Sukarelawan PMI adalah ujung tombak dan jantung organisasi PMI di semua lini. Ada 3 kategori sukarelawan dalam organisasi PMI yakni remaja dari tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiah (SD/MI) yang biasa disebut dengan nama Palang Merah Remaja (PMR) Mula, tingkat SMP/MTs yang disebut PMR Madya dan tingkat SMA/SMK/MA atau PMR Wira. Jumlah sukarelawan remaja PMI se Indonesia pada tahun 2013 sekitar 2 juta orang. Dari jumlah ini, ada kecenderungan menurun pada tahun 2014 dan seterusnya karena kekeliruan persepsi dalam memahami tentang kewajiban untuk melaksanakan kegiatan esktra kurikuler atau sering disebut dengan istilah eskul wajib. Akhir-akhir ini muncul asumsi bahwa yang dimaksud dengan eskul wajib hanya kepramukaan adalah pemahaman yang keliru karena PMI telah menandatangani nota kepahaman dan/atau kesepahaman bersama antara PMI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang tertuang dalam Kesepahaman Bersama Nomor  031/MOU/PMI-KEMENDIKBUD/II/2012 dan 1/II/KB/2012 tentang Pembinaan dan Pengembangan Kegiatan Kepalangmerahan di Kalangan Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Peserta Didik.

Pada Pasal 3 tentang Tugas Pihak Pertama (Kemendikbud) disebutkan bahwa Pihak Pertama mempunyai tugas :

  1. Pembentukan dan pembinaan  Unit Palang Merah Remaja (PMR) pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
  2. Pembentukan dan pembinaan Korps Suka Rela (KSR) pada pendidikan tinggi.
  3. Pembentukan dan pembinaan Unit PMR dan KSR pada pendidikan nonformal.

Berdasarkan aturan tersebut dan nota kesepahaman dengan beberapa kementerian diantaranya Kementerian Kesehatan, Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Tenaga dan Transmigrasi, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang intinya masing-masing pihak akan bekerja dengan saling menguntungkan, maka pengertian tentang kegiatan eskul wajib bukan mewajibkan satu diantara PMR dan Pramuka. Tapi keduanya dapat berjalan sesuai minat peserta didik dan kewajiban sekolah. madrasah adalah memfasilitasi menjadi kegiatan yang bermanfaat dalam pembinaan generasi muda khususnya untuk membentuk karakter tertentu yang sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, Panitia Pelaksana Karya Bakti untuk Negeri Komunitas Sosial Media Kampung Relawan 2014 di Kabupaten Kebumen dalam upaya mewujudkan tujuan mendukung dan menguatkan upaya yang telah dan sedang dilakukan untuk kebaikan dan perbaikan organisasi PMI sekarang maupun masa depan adalah melaksanakan beberapa kegiatan lomba kreatifitas dengan rincian sebagai berikut :

  1. Lomba Kreatifitas untuk PMR Mula se Kabupaten Kebumen berupa lomba Karya Lukis dengan tema ” Lingkunganku Sehat dan Ceria ” yang akan dilakasanakan di SMP Negeri 2 Adimulyo pada hari Selasa, 12 Agustus 2014. Di tengah berlangsungnya kegiatan tersebut, Panitia akan mengadakan diseminasi kepalangmerahan bagi pendamping/ pembina PMR Mula terutama bagi SD/MI yang mengikutsertakan peserta didiknya dalam lomba itu. Direncanakan kegiatan diseminasi ini akan difasilitasi oleh Komite Internasional Palang merah Perwakilan Asia Tenggara di Jakarta.
  2. Lomba Kreatifitas untuk PMR Madya se Kabupaten kebumen berupa lomba Karya Tulis dengan tema ” Aku Bangga Jadi Sukarelawan PMI ” yang akan dilakasanakan di SMK Negeri 1 Gombong pada hari Rabu, 13 Agustus 2014. Di tengah berlangsungnya kegiatan tersebut, Panitia akan mengadakan diseminasi kepalangmerahan bagi pendamping/ pembina PMR Mula terutama bagi SD/MI yang mengikutsertakan peserta didiknya dalam lomba itu. Direncanakan kegiatan diseminasi ini akan difasilitasi oleh Komite Internasional Palang merah Perwakilan Asia Tenggara di Jakarta.
  3. Lomba Kreatifitas untuk PMR Wira se eks Karesidenan Kedu dan Banyumas berupa lomba Karya Kriya dengan tema ” Pemanfaatan Limbah Organik untuk Produk Kerajinan ” yang akan dilakasanakan di STIKes Muhammadiyah Gombong pada hari Kamis, 14 Agustus 2014. Di tengah berlangsungnya kegiatan tersebut, Panitia akan mengadakan diseminasi kepalangmerahan bagi pendamping/ pembina PMR Mula terutama bagi SD/MI yang mengikutsertakan peserta didiknya dalam lomba itu. Direncanakan kegiatan diseminasi ini akan difasilitasi oleh Komite Internasional Palang merah Perwakilan Asia Tenggara di Jakarta.
  4. Lomba Blogging untuk KSR Unit Perguruan Tinggi se Indonesia secara online di tempat masing-masing peserta pada 21 Juli – 9 Agustus 2014 dengan tema ” Menuju PMI Masa Depan” dan pada waktu tertentu yang telah ditetapkan Panitia serta diinformasikan kepada seluruh peserta melalui e mail, lomba penulisan dengan sub-sub  tema khusus terutama berkaitan dengan materi Rembug Relawan yaitu tentang Manajemen Organisasi, Manajemen Relawan dan Program Kerja Unggulan. Selama proses lomba akan ditetapkan 10 nominator yang wajib mempresentasikan isi blog-nya kepada dewan juri di Kampus STIKes Muhammadiyah Gombong pada Jumat, 15 Agustus 2014 jam 19.00 WIB sampai selesai. Berdasarkan hasil presentasi peserta ini, Dewan Juri akan menentukan pilihan 3 (tiga) terbaik peserta untuk memperebutkan hadiah uang pembinaan dengan total sebesar Rp 6.000.000,00 (enam juta rupiah) ditambah Piagam dan Merchandise.

Hasil-hasil lomba akan diumumkan oleh Panitia Pelaksana pada bagian acara Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke 69, 17 Agustus 2014 yang juga merupakan acara penutupan seluruh kegiatan Karya Bakti untuk Negeri 2014 di Kabupaten Kebumen. Rencananya, Kepada Bidang Relawan Pengurus Pusat PMI, bapak H.M. Muas, SH akan bertindak selaku Inspektur Upacara. 

Pamflet online Lomba Blogging KSR PT

Lomba Blogging KSR Unit Perguruan Tinggi se Indonesia dalam kegiatan Karya Bakti untuk Negeri (KBN) 2014 di Kab. Kebumen Jawa Tengah 11 – 17 Agustus 2014. Periode lomba: 21 Juli – 9 Agustus 2014. 10 besar (nominator) mempresentasikan blognya di Kampus STIKes Muhammadiyah Gombong pada Jumat 15 Agustus 2014 jam 19 WIB s.d selesai

Lomba Karya Kriya Wira Dumas Fix

Lomba Karya Kriya “Pemanfaatan Limbah Organik untuk Produk Kerajinan” bagi PMR Wira se eks Karesidenan Kedu dan Banyumas di STIKes Muhammadiyah Gombong pada Kamis, 14 Agustus 2014

LOMBA KARYA TULIS MADYA BW fix

Lomba karya tulis ” Aku Bangga Jadi Sukarelawan PMI ” untuk PMR Madya se Kab. Kebumen di SMK N 1 Gombong Rabu 13 Agustus 2014

Lomba Mula BW - fix

Lomba karya lukis ” Lingkunganku Sehat dan Ceria” untuk PMR Mula se Kab. Kebumen di SMPN 2 Adimulyo, Selasa 12 Agustus 2014

 

 

About totokaryanto

Saya dari Kebumen Jawa Tengah. Hanya orang biasa yang memiliki banyak kebiasaan. Suka kerajinan anyaman, jadi Relawan PMI, generasi muda Tentara pelajar dan belajar jadi guru buat diri sendiri.
This entry was posted in Palang Merah Indonesia. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s