Karya Bakti untuk Negeri : Kopdar ala Kampoeng Relawan – Bagian II

Silaturahmi yang menjadi inti kegiatan KBN 2014 di Kabupaten Kebumen direncanakan sebagai ajang berbagi ilmu dan pengalaman tidak hanya di lapangan kemanusiaan yang telah dikenal luas seperti penanganan bencana dan pertolongan pertama. Tapi ada nilai tambah lain dari kegiatan Rembug Relawan yang merupakan dasar utama KBN 2014 ini. Nilai tambah tersebut diharapkan dapat diperoleh dari semua kegiatan Penyegaran Materi Pertolongan Pertama untuk sukarelawan PMI maupun umum serta Sarasehan Kewirausahaan Sosial yang didului dengan penyelenggaraan kegiatan Bazar Relawan dan Potensi Kreatif Rakyat. Serta Pameran Fotografi dan Video Kepalangmerahan yang menjadi bagian integral dari Diseminasi Kepalangmerahan. Menurut kabar terakhir, kegiatan diseminasi kepalangmerahan akan diampu oleh petugas dari Perwakilan Komite Internasional Palang Merah (ICRC) Jakarta. Jika ini terwujud, maka satu lagi apresiasi tinggi diberikan kepada KampoengRelawan setelah menjadi nama perkampungan peserta dalam kegiatan Temu Karya Nasional V Relawan PMI 2013 di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Semoga.

karyabaktiuntuknegeri

Silaturahmi adalah kata kunci dari KBN 2014 di Kebumen. Dengan menjaga tali silaturahmi, umur dan rejeki kita akan dipanjangkan. Agar membawa maslahat, kegiatan ini disiapkan dengan kepanitiaan baik tingkat di pusat atau Panitia Penyelenggaran maupun lokal, Panitia Pelaksana. Sebagaimana lazim dilakukan oleh banyak kalangan, Panitia Pusat menyiapkan berbagai sisi strategis, kebijakan dan sejenisnya yang kemudian dituangkan dalam bentuk Kerangka Acuan atau Term of Reference (TOR). Melalui TOR ini, semua pihak menjadikannya sebagai pedoman. Ada maksud yang ingin diungkapkan dalam berderet kalimat naratif. Ada juga tujuan yang hendak dicapai. TOR bisa menjadi batasan, tapi akan lebih banyak berperan sebagai rambu-rambu yang mengarahkan ke jalan sebenarnya.

Dalam TOR, panitia bergerak mengoptimalkan potensi dan peluang. Dan ternyata, banyak potensi sumber daya manusia di kalangan sukarelawan PMI yang selama ini tersembunyi karena beragam alasan atau sebab, akhirnya muncul dan saling menguatkan. Satu diantaranya adalah di bidang kewirausahaan yang dalam kegiatan ini diwakili oleh Satgana…

View original post 300 more words

About totokaryanto

Saya dari Kebumen Jawa Tengah. Hanya orang biasa yang memiliki banyak kebiasaan. Suka kerajinan anyaman, jadi Relawan PMI, generasi muda Tentara pelajar dan belajar jadi guru buat diri sendiri.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s