Surat Terbuka untuk Drs. HM Jusuf Kalla

Yth. Bapak Drs. HM Jusuf Kalla.

Sebagai Diseminator Kepalangmerahan di Palang Merah Indonesia (PMI), saya ingin menyatakan sikap pribadi sebagai berikut:
1. Setiap warga negara Indonesia punya hak dan kedudukan sama di hadapan hukum dan Undang-Undang.
2. PMI adalah organisasi kemanusiaan anggota Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang harus mematuhi aturan (prinsip) dasar : kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan.
3. Prinsip Dasar Kenetralan mengharuskan semua anggotanya, dalam hal ini PMI, agar senantiasa mendapat kepercayaan dari semua pihak, gerakan ini tidak boleh memihak atau melibatkan diri dalam pententangan politik, agama, ras dan ideologi (Bab III, Pasal 3 pada butir 3 (tiga) Anggaran Rumah Tangga PMI).
4. Deklarasi pencalonan pasangan presiden dan wakil presiden adalah peristiwa politik yang berpotensi mengundang pertentangan politik dan ideologi.
5. Anggaran Dasar PMI Bab X Pasal 22 Ayat (3): apabila Ketua Umum tidak dapat menjalankan tugas, maka dapat menunjuk salah seorang Ketua.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas dan merujuk pada hasil Musyawarah Nasional IX yang menetapkan nama Drs. HM. Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum PMI, maka terhitung sejak Senin, 19 Mei 2014 anda dinilai tidak lagi mampu menjalankan tugas organisasi PMI. Oleh karena itu, sesuai butir ke 5 (lima) pernyataan di atas, selaku disemintor PMI saya menyarankan agar anda menyatakan mudur dari jabatan sebagai Ketua Umum PMI dalam sidang pleno yang dihadiri oleh semua pengurus PMI Pusat dan disaksikan oleh perwakilan sukarelawan PMI se Indonesia. Bukan Pernyataan Cuti JK lewat pihak ke 3.

Hal ini demi menjaga citra organisasi PMI semata. Terima kasih atas kesediaannya.Gambar

Kebumen, 21 Mei 2014

Saya:

ttd

Toto Karyanto

About totokaryanto

Saya dari Kebumen Jawa Tengah. Hanya orang biasa yang memiliki banyak kebiasaan. Suka kerajinan anyaman, jadi Relawan PMI, generasi muda Tentara pelajar dan belajar jadi guru buat diri sendiri.
This entry was posted in Palang Merah Indonesia and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s