Ulasan Dewan Juri Festival Teater Kebumen 2010

Kami selaku Dewan Juri Festival Teater Kebumen 2010, yang menyaksikan pertunjukan Kategori Pelajar/SLTA sebanyak 13 grup dalam wilayah Kabupaten Kebumen dan kategori umum sebanyak 7 grup dari lingkup wilayah Kedu dan Banyumas.

Selama 2 hari, yakni tanggal 26 dan 27 Nopember 2010, kami menjadi saksi bahwa Alhamdulillah ternyata Kebumen dan sekitarnya telah memiliki insan-insan pecinta teater, yang bakal memberikan kontribusi dan manfaat bagi perkembangan seni pertunjukan.

Dalam peran sebagai juri, sebaiknya disederhanakan menjadi pengamat yang mencoba menilai secara global – dalam artian ini dasar pengamatan lebih besar porsinya pada kualitas, bukan kuantitas. Kami tidak menjadikan angka sebagai patokan, karena dalam kesenian angka dapat direlatifkan.

TEATER adalah pertunjukan seni drama yang merupakan kerja kebersamaan berbagai unsur seni. Teater adalah upacara bersama antara sesame pekerja teater dengan penontonnya untuk saling menghargai, menghormati, memuliakan seni.

Mayoritas peserta FTK 2010 masih lemah dalam mengolah pemeran, maupun menggarap suguhan dan menyajikannya kepada penonton. Bahwa ada upaya dari pekerja seni teater untuk menulis naskah sendiri – yang dilakukan oleh banyak pekerja seni di Indonesia -ndiri – yang nggarap suguhan dan menyajikannya kepada penonton. Bahwa ada upaya merupakan kecenderungan yang membahagiakan. Demikian juga semangat panitia FTK 2010 yang membuka peluang bagi peserta untuk menggubah naskah dan menggarapnya sesuai kemampuannya.

Di sini salah satu “masalah”-nya. Menulis gagasan, menuangkannya dalam bentuk naskah adalah salah satu dari langkah seni pertunjukan dalam kerja teater modern (untuk membedakannya dengan teater tradisional yang porsi improvisasinya besar). Langkah berikutnya adalah menggarap dan menyajikannya dalam pentas.

Dalam suatu tontonan manusia menjadi pelaku utama. Baik sebagai pemain yang perannya antara lain: berlatih, menjalani proses kreatif, melakukan penjelajahan untuk mencari, menemukan, mengumpulkan dan menyimpan berbagai pengalaman dan pengatahuan untuk disimpan dalam “ file harddisk” jasmani rohani kita, sebagai manusia. Kita umumnya menyebut dengan olah rasa, olah nafas, olah vokal, olah gerak dan seterusnya.

Karena manusia menjadi titik sentral maka manusia menjadi primadona dalam setiap pertunjukan, baik sebagai pekerja teater maupun penonton. Art from Heart, seni yang diolah sajikan dari hati bakal menggugah hari yang menyaksikan. Segala sesuatu yang gembira, sedih, malu, marah, membetot, menteror, suka-duka, semua menjadi atmosfir yang bersilaturahmi dalam ruang pertunjukan.

Dengan satu kalimat yang radikal, kita dapat menyatakan bahwa tontonan yang layak tonton bakal memberikan orgasme batin pada pekerja seni dan penontonnya. Sehingga berbagai serbuan emosional yang meruap dapat meng”haru”kan: pedih yang meng”haru”kan, marah, benci, kalut, senang, terbahak yang  meng”haru”kan.

Tontonan yang baik mampu mencuci jiwa pekerja teater dan penontonnya, karena merupakan suatu pengembangan spiritual. Mengajak kita memasuki segala sesuatu yang sebelumnya mungkin belum terasa, membawa dalam kehidupan yang menseimbangkan kerja keras jasmani dengan perenungan rohani, memperoleh makna kehidupan.

Ulasan Untuk Pelajar:

  1. Penataan artistic peserta no 3 (SMK Maarif 4 Kebumen) mampu menghadirkan suasana yang menguatkan pertunjukan yang dibawanya. Minimalis tapi penuh. Spektakel yang muncul baik dari personal actor maupun property panggung menyatu dalam garis yang harmonis.
  2. Sosok Lena dalam peserta no 5 (MAN Kutowinangun) ini mampu menghadirkan karakter yang kuat untuk tokoh tersebut. Penjiwaan meski masih sederhana, sagat membantu keseluruhan jalannya pertunjukan.
  3. Konsep penyutradaraan dalam pertunjukan no 2 (SMAN Rowokele) terlihat konsisten dari awal sampai akhir. Mempunyai tempo dan irama permainan yang sesuai dengan dramatisasi pertunjukan. Kekuarannya adalah improvisasi dalam menafsirkan naskah untuk menemukan sesuatu yang baru dan kontekstual.
  4. Menyajikan sebuah pertunjukan teater, berarti menghadirkan secara keseluruhan pertunjukan secara utuh dari tiap detail bagiannya. Kekurangan di satu  bagian kecil – meski di sisi lain admeski kan secara utuh dari tiap detail bagiannya. kekuarangan si dalam menafsirkan naskah untuk menemukan sesuatua yang terlihat kuat – akan sangat mempengaruhi kesempurnaan dari pertunjukan tersebut. Konsep dan interpretasi naskah, penggarapan actor, pemanfaatan panggung, blocking yang sesuai kebutuhan, komposisi yang dinamis serta irama/tempo yang mengalir wajar adalah syarat minimal bagimana penyajian mampu dinikmati penonton dengan baik.

Ulasan Untuk Kategori Umum:

  1. Dengan penataan artistik no 3. (Komunitas Teater Jodo Purwokerto) mampu menghadirkan suasana yang menjadi isi pertunjukan. Minimalis tapi masing-masing property ditempatkan dengan serasi sesuai manfaat dan kebutuhannya. Sangat membantu dramatisasi dari para aktor di atas panggung.
  2. Aktor dalam teater, minimal mampu menjadi kendaraan bagi pertunjukan. Dan aktor harus saling terkait dan membangun, tidak main untuk dirinya sendiri. Kekukatan yang ada pada diri actor harus mempengaruhi dan menghadirkan kedinamisan seluruh bagian pertunjukan dan aktor lainnya.
  3. Konsep yang digagas sutradara harus mampu menyampaikan muatan naskah pada penonton. Perhatian dari tiap detil bagian pertunjukannya mampu terangkat sesuai porsinya, atau tidak boleh njomplang.
  4. Penyajian yang baik dari sebuah pertunjukan tidak harus riuh rendah dan penuh sesak di atas panggung. Tetapi menempatkan dan member ruang yang sesuai serta penggunaan media secukupnya dari interpretasi naskah akan terasa lebih baik. Setiap bagian dihadirkan dengan alas an dan ide kuat untuk kesempurnaan pertunjukan tersebut. Lebih baik minim tapi kental dari pada over tapi memecah focus.

DAFTAR PESERTA

FESTIVAL TEATER KEBUMEN 2010

KATEGORI PELAJAR SLTA SEDERAJAT:

No. Undi  

NAMA PESERTA

 
1. MAN GOMBONG  
2. SMAN ROWOKELE  
3. SMK MAARIF 4 KEBUMEN  
4. SMK BATIK SAKTI 1 KEBUMEN  
5. MAN KUTOWINANGUN  
6. SMAN 2 KEBUMEN  
7. SMK NAWA BAKTI KEBUMEN  
8. SMKN 2 KEBUMEN  
9. SMAN KLIRONG  
10. MAN 2 KEBUMEN  
11. MAN 1 KEBUMEN  
12. SAKA PANUWISATA KEBUMEN  
13. SMKN KARANGANYAR  
     

KATEGORI UMUM:

No. Undi  

NAMA PESERTA

1. TEATER SURYA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
2. KOMUNITAS TEATER PURWOREJO
3. KOMUNITAS TEATER JODO PURWOKERTO
4. TEATER GERAK STAINU KEBUMEN
5. TEATER STTOLGTA KEBUMEN
6. TEATER BAHRUL ULUM KEBUMEN
7. TEATER STIE PUTRA BANGSA KEBUMEN

 

PENGUMUMAN DAN PENETAPAN KEPUTUSAN DEWAN JURI

FESTIVAL TEATER KEBUMEN 2010

KATEGORI PELAJAR:

  1. Penata Artistik Terbaik
: No. 3 (SMK Maarif 4 Kebumen)
  1. Aktor/Aktris Terbaik
: No. 5 (MAN Kutowinngun)
  1. Sutradara Terbaik
: No. 2 (SMAN Rowokele)
  1. Penyaji Terbaik III
: No. 8 (SMAN Klirong)
  1. Penyaji Terbaik II
: No. 3 (SMK Maarif 4 Kebumen)
  1. Penyaji Terbaik I
: No. 2 (SMAN Rowokele)

 

 

KATEGORI UMUM :

  1. Penata Artistik Terbaik
: No. 3 (Komunitas Teater Jodo Purwokerto)
  1. Aktor/Aktris Terbaik
: No. 1 (Teater Surya UMP Purworejo)
  1. Sutradara Terbaik
: No. 2 (Komunitas Teater Purworejo)
  1. Penyaji Terbaik III
: No. 5 (Teater STTOLGTA Kebumen)
  1. Penyaji Terbaik II
: No. 2 (Komunitas Teater Purworejo)
  1. Penyaji Terbaik I
: No. 2 (Komunitas Teater Purworejo)

 

Catatan Panitia:

Anggota Dewan Juri Festival Teater Kebumen 2010:

  1. Uki Bayu Sedjati (Komunitas Teater Bulungan Jakarta)
  2. Retno Budiningsih (Taman Ismail Marzuki/ Perpustakaan HB Yassin Jakarta)
  3. Salim Emde (Sanggar Sunan UIN/ Teater Jali Yogyakarta, pemenang Lomba Penulisan Naskah Cerita Prov. DI Yogyakarta 2002).
  4. Ucok Hasbie (Sanggar Ilir Yogyakarta/ FoPSeT Kebumen khusus untuk Kategori Pelajar).

 

About totokaryanto

Saya dari Kebumen Jawa Tengah. Hanya orang biasa yang memiliki banyak kebiasaan. Suka kerajinan anyaman, jadi Relawan PMI, generasi muda Tentara pelajar dan belajar jadi guru buat diri sendiri.
This entry was posted in Budaya dan Peradaban and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s