Markas Darurat Tentara Pelajar di Kebumen pada PK I – 1947

Keberadaan Tentara Pelajar (TP), Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP), Tentara Genie Pelajar (TGP), SA/CSA (Corp Student Army) atau Pelajar/Mahasiswa Pejuang Kemerdekaan (Bersenjata) dan beberapa nama lain adalah sebuah realitas sejarah perjuangan kaum terpelajar dalam ikut serta selaku warga negara – bangsa menegakkan amanat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945. Dengan rentang waktu yang sangat pendek (Juni 1946 – akhir Desember 1949), mereka telah mewarnai sejarah dengan beragam cerita heroik dan segala pernak-perniknya.

Dalam peta kendali kekuatan perjuangan rakyat, wilayah Gombong, Kuwarasan, Buayan, Puring dan sekitarnya biasa disebut Front Barat. Pada Perang Kemerdekaan I 1947, wilayah ini sering terjadi pertempuran hebat antara pejuang Kemerdekaan RI dan pasukan penjajah Belanda yang sebagian besar adalah NICA (semacam legiun asingnya Tentara Kerajaan Belanda). Seolah jadi kebiasaan, setiap menjelang peristiwa penting bagi Kerajaan Belanda seperti hari lahir Ratu dan lain-lain, tentara Belanda melakukan aksi pertempuran besar di berbagai wilayah. Satu di antaranya adalah sekitar Desa Sidobunder Kecamatan Puring Kab. Kebumen. Berikut adalah cerita pertempuran yang melatar-belakangi pembuatan Palagan Sidobunder oleh Keluarga Besar Tiga Tujuhbekas (Tentara Pelajar Detasemen III Brigade 17 TNI) sebagaimana ditulis  Istopo Sebul dalam buku Peringatan Palagan Sidobunder (1984) dengan sedikit penyuntingan ejaan agar mudah dipahami umum.

***

About totokaryanto

Saya dari Kebumen Jawa Tengah. Hanya orang biasa yang memiliki banyak kebiasaan. Suka kerajinan anyaman, jadi Relawan PMI, generasi muda Tentara pelajar dan belajar jadi guru buat diri sendiri.
This entry was posted in Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s